Sistem Komputer Minimal
Pengenalan Komputer
Dalam istilah yang paling
sederhana, suatu komputer kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang
menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar
instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil.
Daftar instruksi itu disebut program komputer, dan penyimpanan internalnya
disebut memori komputer. Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi
dalam hal ukuran, biaya, daya komputasi, dan tujuan penggunaan. Komputer yang
paling umum adalah personal computer, yang banyak digunakan di rumah, sekolah,
dan kantor bisnis. Personal computer merupakan bentuk paling umum dari komputer
desktop. Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display
visual dan unit output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan secara mudah
di meja rumah dan kantor. Media penyimpanan tersebut termasuk harddisk, CDROM,
dan disket. Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personal
computer dengan semua komponennya terpaket dalam unit tunggal seukuran koper
tipis. Workstation dengan kemampuan input/output grafts resolusi tinggi,
sekalipun masih tetap memakai dimensi komputer desktop, namun memiliki daya
komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer. Workstation
seringkali digunakan dalam aplikasi engineering, terutama untuk pekerjaan desain
interaktif. Di atas workstation, terdapat suatu rentang sistem komputer yang
luas dan sangat kuat yang di sebut sistem enterprise dan server pada rentang lowend,
dan superkomputer pada highend. Sistem enterprise, atau mainframe, digunakan
untuk pengolahan data bisnis pada korporasi menengah hingga besar yang
memerlukan lebih banyak daya komputasi dan kapasitas penyimpanan dari yang
dapat disediakan oleh workstation. Server berisi unit penyimpanan basis data
yang cukup besar dan mampu menangani banyak volume permintaan untuk mengakses
data. Pada banyak kasus, server dapat diakses secara luas oleh komunitas
pendidikan, bisnis, dan pengguna personal. Permintaan dan respons biasanya
ditransportasikan melalui fasilitas komunikasi Internet. Tentu saja, Internet
dan server yang berhubungan dengannya telah menjadi sumber segala tipe
informasi yang dominan di seluruh dunia. Fasilitas komunikasi Internet terdiri
dari suatu struktur kompleks hubungan backbone serat optik kecepatan tinggi yang
terinterkoneksi dengan kabel broadcast dan koneksi telepon ke sekolah,
perusahaan, dan rumah. Sebuah sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama
yaitu perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software) dan pengguna
(Brainware).
1) Hardware (perangkat
keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan
rasakan.
a) Input/Output Device
(I/O Device), terdiri dari perangkat masukan dan keluaran,seperti keyboard dan
printer, monitor.
b) Storage Device
(perangkat penyimpanan), Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket,
harddisk, CD.
c) Casing Unit, adalah
tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral
lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan
System Unit.
d) Central Procesing Unit
(CPU), adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis
prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis
komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin
canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya
harganya akan semakin mahal.
2) Software (perangkat
lunak), merupakan program-program
komputer yang berguna
untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program
tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
3) Brainware (User),
adalah personilpersonil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,
seperti sistem analis, programmer, operator, user. Pada organisasi yang cukup
besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal
dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP
Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
2. Sistem Komputer Secara definisi komputer
diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama,
dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi
(output) serta terkoordinasi dibawah control program yang tersimpan di
memorinya.
1)
Input Device, adalah perangkatperangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori
komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2)
Prosesor (CPU), adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh
aktivitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu :
o
Control Unit (CU), merupakan komponen
utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer,
mulai dari input device sampai output device.
o
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan
bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang)
serta data logika (perbandingan).
3)
Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua
macam, yaitu :
o
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang
hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh
pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan.
Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada
di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk,
perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah
untuk menampilkan pesan di layar. Isi
ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
o
Random Access Memori (RAM), dari namanya
kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random.
RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu
(power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam
RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.
Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka
diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card
dan lain-lain.
o
PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang
bisa kita program kembali dengan catatan
hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
o
RPROM (Re-Programable ROM), merupakan
perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali
sesuai dengan yang diinginkan.
o
EPROM (Erasable Program ROM), merupakan
ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan
menggunakan sinar ultraviolet.
o
EEPROM (Electrically Erasable Program
ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus
program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang
paling banyak digunakan saat ini.
4) Output Device, adalah
perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke
kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara.
Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.
5) Bus Interkonekasi,
Untuk mencapai kecepatan operasi yang sesuai, komputer harus diorganisasi
sehingga semua unitnya dapat menangani satu word data penuh pada waktu
tertentu. Pada saat suatu word data ditransfer antar unit, semua bitnya
dtransfer secara paralel, yaitu bit tersebut ditransfer secara simultan melalui
banyak kabel,atau jalur, satu bit per jalur. Sekelompok jalur yang berfungsi
sebagai jalan penghubung untuk beberapa peralatan disebut bus. Selain jalur
yang membawa data, bus harus memiliki jalur untuk alamat dan keperluan kontrol.
Peralatan yang terhubung ke bus sangat bervariiasi dalam kecepatan operasinya.
Beberapa peralatan elektromekanik, seperti keyboard dan printer, relatif
lambat. Peralatan lain, seperti disk magnetik dan optik, dianggap lebih cepat.
Memori dan unit prosesor beroperasi pada kecepatan elektronik, menjadikannya
sebagai bagian tercepat dalam komputer. Karena semua peralatan tersebut harus
berkomunikasi satu sama lain melalui bus, maka diperlukan mekanisme transfer
efisien yang tidak dibatasi oleh peralatan yang latnbat dan yang dapat
digunakan unhtk memperkecil perbedaan timing antar prosesor, memori, dan
peralatan ekstemal.
3. Unit Input Dan Output Komputer menerima
informasi terkodekan melalui unit input, yang membaca data tersebut. Peralatan
input yang paling terkenal adalah keyboard. Kapanpun suatu tombol ditekan,
huruf atau digit yang sesuai secara otomatis ditranslasikankan menjadi kode
biner yang tepat dan ditransmisikan melalui suatu kabel ke memori atau ke
prosesor. Tersedia banyak jenis peralatan input lain, termasuk joystick,
trackball, dan mouse. Peralatan tersebut seringkali digunakan sebagai peralatan
input grafik dalam hubungan dengan display. Mikrofon dapat digunakan untuk
menangkap input audio yang kemudian disample dan dikonversi menjadi kode
digital untuk penyimpanan dan pengolahan. Beberapa unit, seperti display
grafik, menyediakan fungsi output dan fungsi input. Peranan ganda unit tersebut
merupakan alasan penggunaan istilah tunggal unit I/O dalam banyak hal. Beberapa
alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai
alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan
terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan
tidak langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya
jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job
Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal. Alat input tidak langsung ,
dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam
terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat
dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak
langsung terdiri dari: key-to-card, key-totape, key-to-disk. Alat input
langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat
input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal.
Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu:
1) Keyboard
Keyboard adalah piranti
yang terdiri dari serangkaian tombol yang digunakan untuk memasukan data ke
komputer. Tombol pada keyboard dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
o
Tombol alfanumerik (alphanumeric keys)
yang terdiri dari huruf dan angka.
o
Tombol tanda baca (punction keys) yang
terdiri dari tanda-tanya, titik, titik koma, dan sebagainya.
o
Tombol khusus (special keys) seperti
tombol fungsi, tombol Control, tombol panah, Tombol Caps Lock, dan sebagainya.
Layout standard
tombol-tombol pada keyboard disebut dengan keyboard QWERTY, karena enam huruf
pertama pada baris teratas tombol huruf adalah QWERTY. Tidak ada keyboard
komputer standard. Namun, pada dasarnya terdapat tiga macam keyboard PC: yaitu
keyboard PC dengan 84 tombol (keyboard XT), keyboard AT dengan 84 tombol, dan
keyboard AT yang telah ditingkatkan dengan 101 tombol. Ketiga keyboard ini
berbeda pada layout tombol fungsi, tombol Control, tombol Enter, dan tombol
Shift. Keyboard yang dikembangkan oleh Microsoft juga berbeda dan menambahkan
tombol negaranegara yang mempunyai huruf atau karakter khusus juga dikembangkan
keyboard yang memudahkan pengetikan atau pemasukan data.
2) Mouse
Ada 2 jenis mouse yang
beredar di pasaran yaitu mouse bola dan mouse sinar. Mouse bola dapat dibagi
lagi menjadi 2 jenis yaitu tracking ball dan mouse biasa. Cara kerja mouse
tracking ball adalah dengan menggerakkan bola secara langsung sedangkan mouse
biasa dengan menggerakkannya. Mouse sinar bekerja dengan cara menggunakan sinar
infra merah yang ditembakkan ke atas keping khusus. sinar ini digunakan untuk
membaca kecepatan perubahan objek tersebut kemudian diadakan cursor pada
monitor. Yang termasuk jenis ini adalah mouse ballpoint berbentuk pena. Mouse
adalah perangkat yang dibentuk untuk kenyamanan tangan operator, sehingga dapat
digeser pada permukaan datar. Sirkuit elektronik merasakan gerakan ini dan
mengirim beberapa pengukuran jarak yang dilalui dalam arah X dan Y ke computer.
Pergerakan diawasi baik secara mekanik atau optik. Mouse mekanik diisi dengan
suatu bola yang dipasang sedemikian sehingga dapat berotasi dengan bebas pada
saat mouse digerakkan. Rotasi bola dirasakan dan digunakan untuk meningkatkan
dua counter, satu untuk tiap dua sumbu gerakan. Mouse tersebut juga diisi
dengan dua atau tiga tombol. Informasi dari counter dan tombol tersebut
dikumpulkan oleh mikrokontroller, diencode dan dikirim ke komputer melalui link
serial. Mouse optic menggunakan lightemitting diode (LED) untuk mengiluminasi
permukaan tempat mouse berada, dan suatu perangkat light sensitive merasakan
cahaya yang direfleksikan dari permukaan. Pada beberapa model, mouse tersebut
harus diletakkan pada pad khusus yang memiliki pola garis vertical dan
horizontal. Cahaya yang direfleksikan berubah pada saat mouse bergerak dari
area terang ke gelap permukaan dibawahnya, dan mouse tersebut mengukur jarak
yang dilalui dengan menghitung perubahan ini.
3) Scanner
Scanner adalah suatu alat
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya
dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan
pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi
sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan
sebagai file text, dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner
bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang
seukuran postcard, bahkan berbentuk pena. Scanner berukuran pena tersebut bisa
menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah
komputer pribadi (PC). Scanner
mentransformasikan bahan tercetak dan fotografi menjadi representasi digital.
Pada scanner awal, halama yang discan diletakkan pada silinder kaca yang
berputar disekeliling sensor. Kebanyakan scanner saat ini menggunakan pengaturan
flatbed, dimana halaman yang discan ditempatkan pada permukaan kaca datar.
Suatu sumber cahaya menscan halaman tersebut, dan cahaya yang direfleksikan
difokuskan pada array linear charge coupled device (CCD). Pada saat perangkat
CCD dipaparkan terhadap cahaya, suatu muatan listrik disimpan dalam kapasitor
mini yang dihubungkan dengannya sehingga jumlah muatan proporsional dengan
intensitas cahaya. Muatan ini dikumpulkan oleh sirkuit yang sesuai dan
dikonversi ke representasi digital menggunakan analog to digital converter.
Untuk scanner warna, filter merah, hijau dan biru digunakan untuk memisahkan
warna primer dan mengolahnya secara terpisah. Pada saat sumber cahaya bergerak
melewati halaman tersebut, sensor array dibaca berulang kali, melakukan
sampling jalur pixel pada citra yang berurutan. Sebaiknya diperhatikan bahwa
teknik ini juga digunakan dalam digital copier. Suatu digital copier adalah
gabungan dari scanner dan laser printer.
4) Microphone
Microphone hanya
digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan Mic tentu saja
memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu
soundcard dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara. Voice recognition
device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter.
Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang mempunyai vocabulary yang
kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang
membacakan sebuah daftar katakata yang biasa digunakan sehingga signal
interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka
bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat
mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.
5) Touchpad
Perangkat input lain yang
sangat penting adalah touchpad dan perangkat sejenisnya, touchscreen. Touchpad
adalah pad kecil yang dibuat dari bahan pressure sensitive. Pada saat jari user
atau ujung pena menyentuh beberapa titik pada pad, tekanan tersebut menyebabkan
perubahan karakteristik listrik bahan pada titik tersebut. Lokasi titik
tersebut dideteksi dan dikomunikasikan ke computer. Dengan memindahkan jari
pada pad, user dapat menginstruksikan software untuk memindahkan kursor pada
layar dengan arah yang sama. Hal ini menjadikan touchpad sebagai pengganti
berbiaya rendah untuk mouse atau trackball, dengan kekuatan dan keandalan
tingkat tinggi karena tidak berisi bagian yang bergerak. Touchpad sangat sesuai
untuk computer notebook. Touchpad dapat digabungkan dengan liquid crystal
display untuk menghasilkan layar touchsensitive yang dapat digunakan untuk
operasi input dan output. Unit output adalah pasangan unit input. Fungsinya
untuk mengirimkan hasil yang telah diproses ke dunia luar. Contoh yang paling
umum dari peralatan tersebut adalah printer. Printer menggunakan mechanical
head impact, inkjet stream, atau teknik fotokopi, seperti dalam printer laser.
untuk melakukan pencetakan. Sangat mungkin untuk menghasilkan tinta yang dapat
mencetak sebanyak 10.000 baris per menit. Kecepatan ini luar biasa untuk
peralatan mekanik tetapi masih sangat lambat jika dibandingkan dengan kecepatan
elektron pada unit prosesor. Berikut beberapa bentuk alat ouput sistem
komputer, antara lain :
1) Printer
Printer adalah salah satu
hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi
untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media
kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi
(dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci.
Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan.
Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak
bagus.
o
Printer Dot-Matrix, adalah pencetak yang
resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak,
printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar
kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang
saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dotmatrix juga hanya mempunyai satu
warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan
karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer
dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer
jenis inkjet dan laserjet.
o
Printer Inkjet Inkjet printer adalah alat
cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak
gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer
Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada
inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan
laser printer.
o
Printer Laser, sebagian dari laser printer
bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa
mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun
sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan
cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
2) Monitor
Generasi monitor yang
umum dipakai adalah menggunakan teknologi LCD dan tidak lagi menggunakan tabung
electron CRT, tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang berpendar.
Teknologi ini menghasilkan monitor yang monitor yang dikenal dengan nama flat
panel display. Flat panel display memiliki bentuk lebih tipis dan lebih ringan.
Juga menyediakan linearitas yang lebih bagus dan, pada beberapa kasus, bahkan
resolusi yang lebih tinggi. Telah dikembangkan beberapa tipe flatpanel display,
tennasuk liquid crystal panel, plasma panel, dan electro luminescent panel.
Ketersediaan flat panel display biaya rendah telah membantu perkembangan
komputer notebook.
4. Prosesor (CPU) CPU
merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah
data berdasarkan instruksi-instruksi yang diberikan kepadanya. Dalam mewujudkan
fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen sebagai bagian dari
struktur CPU, yaitu :
o
Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas
membentuk fungsifungsi pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin
bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi-instruksi
bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua
bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing
memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
o
Control Unit, bertugas mengontrol operasi
CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi
kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam
tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi- instruksi dari memori utama
dan menentukan jenis instruksi tersebut.
o
Registers, adalah media penyimpan internal
CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara,
biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk
pengolahan selanjutnya.
o
CPU Interconnections, adalah sistem
koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit
kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang
menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti
masukan/keluaran. Fungsi CPU adalah penjalankan program – program yang disimpan
dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi – instruksi, menguji
instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah. Untuk
memahami fungsi CPU dan caranya berinteraksi dengan komponen lain, perlu kita
tinjau lebih jauh proses eksekusi program. Pandangan paling sederhana proses
eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari
dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi (execute).
5. Memori Fungsi unit memori
adalah untuk menyimpan program dan data. Terdapat dua kelas penyimpanan, primer
dan sekunder. Penyimpanan primer adalah memori cepat yang beroperasi pada
kecepatan elektronik. Program harus disimpan dalam memori tersebut pada saat
dieksekusi. Memori tersebut berisi sejumlah besar sel penyimpanan
semikonduktor, yang masing-masing mampu menyimpan satu bit informasi. Kelompok
sel tersebut jarang dibaca atau ditulis sebagai sel individual tetapi
sebaliknya diolah dalam kelompok dengan ukuran tetap yang disebut word. Memori
tersebut terorganissasi sedemikian sehingga isi satu word, yang terdiri dari n
bit, dapat disimpan atau diambil dalam satu operasi dasar. Program harus berada
di memori selama eksekusi. Instruksi dan data dapat ditulis ke dalant memori
atau dibaca dari memori di bawah kontrol prosesor. Sangatlah penting untuk
dapat mengakses tiap lokasi word dalam memori secepat mungkin. Memori yang tiap
lokasinya dapat dicapai dalam wakht cepat dan tertentu setelah ditetapkan alamatnya
disebut randomaccess memory (RAM). Waktu yang diperlukan untuk mengakses satu
word disebut memory access time (waktu akses memori). Waktu tersebut tetap, dan
tidak tergantung pada lokasi word yang diakses. Biasanya berkisar dari beberapa
nanosecond (ns) hingga sekitar 100 ns untuk unit RAM modern. Memori suatu
komputer biasanya diimplementasikan sebagai hierarki memori dari tiga atau
empat tingkat unit RAM semikonduktor dengan kecepatan dan ukuran yang berbeda.
Unit RAM yang cepat dan kecil disebut cache. Cache tersebut terangkai erat
dengan prosesor dan seringkali termuat pada chip sirkuit terintegrasi yang sama
untuk mencapai performa tinggi. Unit yang terbesar dan terlamban disebut
sebagai memori utama. Sekalipun penyimpanan primer sangat penting, namun
cenderung mahal. Jadi penyimpanan sekunder tambahan yang lebih murah digunakan
pada saat sejumlah besar data dan banyak program harus disimpan, terutama untuk
informasi yang jarang diakses. Terdapat banyak pilihan peralatan penyimpanan
sekunder, termasuk disk magnetik dan tape dan disk optikal (CDROM).
Komentar
Posting Komentar